4 Destinasi Wisata Edukasi yang Ada di Jember

Bandung - Selama beberapa tahun terakhir, wisata edukasi menjadi alternatif liburan yang banyak dicari. Tentu saja, edukasi yang dimaksud tidak sekaku yang ada di ruang kelas.

Di Jember, Jawa Timur, ada banyak objek wisata edukasi yang bisa TemanBaik kunjungi. Selain berkunjung ke tempat baru, dijamin kamu akan mendapat banyak informasi dan wawasan menarik di sini!

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao
Pusat Penelitian Kopi dan Kakao sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya Januari 1911. Berlokasi di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Jember, kamu akan menemukan kebun kopi dan cokelat yang sangat luas di area ini.

Di sini, kamu bisa mengikuti tur. Dengan membayar Rp10.000,00 setiap orang, kamu akan diajak menaiki kereta kayu apik mengelilingi kebun kopi dan kakao. Selama perjalanan, pemandu akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis kopi dan cokelat yang ditanam.

Selain itu, kamu juga bisa berhenti di area bermain. Selain terdapat kolam dan beberapa permainan anak-anak, kamu akan menemukan rusa-rusa cantik di wilayah ini.

Tur akan berakhir di pabrik. Pemandu akan menjelaskan proses mulai dari panen kopi dan kakao hingga menjadi produk olahannya. Pssst... kamu sudah tahu belum bahwa ternyata buah kakao isinya seperti manggis?

Taman Botani Sukorambi
Objek wisata edukasi yang satu ini cocok buatmu yang ingin belajar banyak soal tanaman. Seperti namanya, Tanaman Sukorambi dipenuhi oleh beragam jenis tanaman yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Lokasinya berada di kawasan yang memang cukup teduh, yakni di Jalan Muhajir, Sukorambi. Begitu memasuki area ini pun, kamu akan serasa berada di dalam hutan.

Walau begitu, Taman Botani Sukorambi juga menyediakan beberapa wahana lain yang tak kalah seru. Selain kolam renang, kamu juga bisa menikmati aktivitas outbond seperti flying fox.

Museum Tembakau
Sebagai wilayah penghasil tembakau terbesar, wajar bila Jember memiliki Museum Tembakau. Kamu bisa menemukan tempat ini di Jalan Kalimantan No. 1 Jember, berada di lokasi yang sama dengan Kantor UPT Pengujian Sertifikas Mutu Barang.
Kamu tidak akan dikenai biaya untuk mengakses lokasi ini. Setelah mengisi buku tamu berkunjung, kamu akan dipandu oleh guide ke bagian belakang bangunan.

Dari luar, gedung Museum Tembakau sendiri cukup unik dengan permainan kayu dan jerami yang sangat tradisional. Di bagian dalam museum, kamu akan menemukan banyak jenis tembakau, diorama, hingga koin yang digunakan untuk transaksi di zaman Belanda dulu.

Situs Duplang
Kalau kamu ingin menemukan jejak sejarah zaman batu, Situs Duplang adalah destinasi yang pas buatmu. Pasalnya, warisan budaya yang berada di Duplang, Kamal, Arjasa ini menyimpan beberapa peninggalan berusia berabad-abad.

Area ini sendiri sesungguhnya tidak terlalu luas--bahkan sedikit menyerupai lahan pekarangan. Namun di tengah-tengah pagar tanaman, kamu akan menjumpai menhir, kenong, dolmen, dan sebagainya.

Tidak ada semacam tour guide di sini, tetapi kamu tetap dapat menemukan informasi dari juru kunci yang tinggal persis di sebelah kawasan situs. Kamu akan diajak kembali ke masa lalu dengan cerita soal pemujaan dan kehidupan di zaman tersebut.
Koleksi yang ada di sini tidaklah terlalu banyak. Pasalnya, beberapa bahkan ada yang berhasil dicuri dan dijual dengan harga sangat mahal.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler