Seru! Festival Layang-layang Internasional Sanur Kembali Digelar

Denpasar - Acara festival layang-layang internasional tahunan bertajuk Sanur International Kite Festival kembali digelar. Puluhan layangan dari berbagai negara menghiasi langit Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar selama empat hari berturut-turut dari Kamis (15/08/2019) hingga Minggu (18/08/2019).

Panitia Sanur International Kite Festival, Kadek Suprapta Meranggi menyampaikan festival layang-layang ini merupakan rangkaian acara Sanur Village Festival 2019 (SVF 2019). Acara SVF 2019 sendiri bakal berlangsung 21-25 Agustus mendatang.

Ia menjelaskan layang-layang bukan hanya menjadi bagian program SVF 2019. "Layang-layang juga sudah menjadi identitas yang melekat dengan masyarakat Sanur," terang Suprapta pada BeritaBaik.

Popularitas layang-layang Sanur, lanjutnya, berkembang seiring dengan maraknya para pelanjut layang-layang tradisi, penghobi, kompetisi sampai festival yang berstandar kelas dunia.

Baca Ini Juga Yuk: Intip Momen Terakhir Layangan Raksasa Naga Raja Terbang

Tahun ini Sebanyak 22 negara ikut berpartisipasi di Sanur International Kite Festival 2019. "Setiap negara diwakili 2-5 orang peserta, sehingga jumlah keseluruhan yang tampil sebanyak 80 peserta," papar Kadek Suprapta.

Sejumlah peserta dari berbagai kota juga turut memeriahkan acara tahunan ini. "Selain itu hadir juga sebagai peserta teman-teman dari Jakarta, Bandung, Tulungagung, dan Yogyakarta," tambahnya.

Sanur International Kite Festival 2019 menawarkan atraksi utama penerbangan layangan naga dari peserta yang memiliki panjang 150 meter. Tak hanya itu di festival ini juga disajikan layangan tradisional Bali lengkap dengan iringan musik tradisional.

Di festival internasional ini layangan tradisional khas Sanur seperti bebean, pucukan, dan janggan tetap dipamerkan, termasuk karya inovatif dan kontemporer. Sedangkan peserta internasional membawa layangan Spin, Rokaku yang diterbangkan malam hari.


Foto: dokumentasi Sanur International Kite Festival


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler