Keren! Sungai di Bandung Ini Jadi Jernih & Disulap Mirip Kafe

Bandung - TemanBaik pasti tahu kan jika Kota Bandung punya banyak ruang publik yang menarik untuk dikunjungi? Hal yang paling dikenal dari Bandung adalah banyaknya taman-taman tematik di berbagai titik di Kota Bandung. Selain taman, kini ada ruang publik baru loh, yakni sebuah sungai yang disulap menjadi mirip kafe. Seperti apa ya?

Ruang publik ini ada di saluran sungai Babakan Irigasi, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung. Sungai ini membelah kawasan pemukiman padat, tepatnya di samping Pasar Ulekan Pagarsih. Sungai ini memiliki air yang jernih.

Di area sungai disediakan meja dan kursi, asyik banget deh buat nongkrong. Sambil duduk, kamu akan merasakan sensasi berada dalam rendaman air sungai dengan kedalaman sekitar 10-20 sentimeter. Apalagi bagi anak-anak, mereka pasti asyik bermain air di sana.

Selain sungai yang disulap, area sekitar sungai juga mendapat sentuhan. Di sana kini hadir taman, tanaman, hingga rumput yang menambah asri suasana. Keindahan itu diharapkan membuat area sekitar jadi tempat warga untuk bersosialisasi.

Baca Ini Juga Yuk: Nikmati Keindahan Alam di Bendung Kamijoro Yogyakarta Yuk!

Sungai ini disulap oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perumaham Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung. Tempat ini kemudian diberi nama cafe walungan atau kafe sungai dalam bahasa Indonesia.

Air sungai yang jernih itu ternyata menggunakan teknologi khusus loh TemanBaik. Sehingga, selain jernih, airnya juga tidak berbau. Sebab, ada penyaringan dengan menggunakan biocord. Biocord ini adalah sebuah teknologi instalasi yang didatangkan dari Jepang. Fungsinya untuk mengubah air sungai yang kotor menjadi jernih dan tak berbau.

Ada alasan tersendiri kenapa sungai ini yang dipilih untuk disulap jadi kafe. Sebab, debit aliran air di sungai ini bisa diatur. Sehingga, hal ini bisa disesuaikan dengan biocord yang dipasang di sana.

Tempat seperti itu diharapkan ke depan juga hadir di beberapa lokasi di Kota Bandung. Sehingga, akan ada banyak tempat bagi warga untuk rekreasi murah meriah.

"Mudah-mudahan bisa hadir di beberapa tempat dan bisa jadi destinasi wisata yang baru," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id, Sabtu (21/12/2019).

TemanBaik penasaran enggak ingin datang ke lokasi? Jika penasaran, kamu bisa datang langsung ke lokasi. Sebab, tempat ini sudah dibuka untuk umum mulai hari ini.


Foto: dokumentasi Humas Kota Bandung

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler