Dibuka Kembali, Tempat Wisata ini Terapkan Prosedur Kesehatan

Bandung - Adanya pandemi terkait penyebaran virus korona di tanah air, membuat banyak tempat wisata banyak yang harus tutup, termasuk Orchid Forest Cikole yang berhenti beroperasi per tanggal 31 Maret 2020 lalu.  

Selama tidak beroperasi, Orchid Forest Cikole rupanya sudah menyiapkan dan memikirkan berbagai bentuk prosedur kesehatan sehingga, akhirnya, per 13 Juni 2020 siap untuk membuka kembali pintunya kepada masyarakat dengan kebijakan dan aturan berkunjung yang baru. 

CEO Orchid Forest Cikole, Barry Akbar mengatakan Orchid Forest Cikole paham betul betapa pentingnya penggunaan masker di saat pandemi ini untuk menjaga diri dari penyebaran COVID-19. Mengetahui tidak semua dapat memiliki masker, pihak Orchid Forest Cikole bertekad untuk menyediakan masker secara gratis untuk semua pengunjung Orchid Forest Cikole yang datang tanpa menggunakan masker sebagai salah satu standar operasional. 

"Pembagian masker secara gratis ini merupakan bentuk preventif yang kami lakukan untuk menekan penyebaran COVID-19. Selain itu seluruh komponen di Orchid Forest Cikole dipersiapkan mulai dari staf, fasilitas kebersihan dan kesehatan, serta prosedur kesehatan dimana semua ini dilakukan untuk keselamatan dan keamanan pengunjung," katanya pada BeritaBaik.id. 


Baca Ini Juga Yuk: Kampung Aloevera, Destinasi Wisata Tematik Baru di Kota Malang

Selain itu, Barry menjelaskan jika Orchid Forest Cikole juga menetapkan standar prosedur keamanan lainnya seperti pengecekan suhu tubuh kepada seluruh pengunjung sebelum diperbolehkan masuk ke area. 

"Kami juga memastikan bahwa social distancing dapat dilaksanakan dengan adanya walking space yang dipermudah dengan penandaan di jalur publik dan juga di setiap area duduk. Lalu adanya persediaan hand sanitizer di titik ramai, dan juga pengecekan ketat atas kesehatan seluruh staf dan pengunjung," jelasnya. 

Ia menambahkan bahwa seluruh pengunjung yang masuk pun wajib memasuki 'Gate Disinfectan' dan menggunakan masker. Dalam keadaan darurat, pihak Orchid Forest Cikole pun sudah siap bekerjasama dengan Poliklinik Sespim Polri yang ditetapkan sebagai tenaga medis terdekat dari lokasi Orchid Forest Cikole. 

"Tidak hanya itu, proses pembayaran pun sudah diatur dengan mengutamakan penggunaan sistem pembayaran nontunai atau cashless menggunakan e-money untuk mengurangi kontak fisik menggunakan uang kertas," ungkapnya. 


Hadirkan Wahana Baru 
Selama tutup, rupanya Orchid Forest Cikole sudah menyiapkan berbagai wahana baru loh, TemanBaik. 

Saat ini Teras Paphio memiliki wajah baru dan koleksi Anggrek pun ditambah. Hal ini dilakukan agar pengunjung mendapatkan pengalaman yang memuaskan meski dengan prosedur kesehatan dan aturan berkunjung yang baru di era kenormalan baru ini.

"Karena kami memiliki area seluas 11 hektar, pengunjung dipastikan dapat bergerak dengan leluasa tanpa membahayakan pengunjung lain dengan dapat diterapkannya physical distancing," tutur Barry. 

Walau begitu, harga tiket masuk reguler mengalami sedikit kenaikan, yang tadinya  Rp30.000 akan mengalami peningkatan  sebesar 30% berdasarkan regulasi terbaru yang dihimbau dari pemerintah Kabupaten Bandung Barat terkait penambahan fasilitas dalam penanganan penyebaran Covid-19 di tempat wisata. 

"Harganya masih cukup terjangkau untuk pengunjung," bebernya. 

Bagi TemanBaik yang memiliki rencana untuk berkunjung, tetap perhatikan kebersihan diri dan lingkungan ya. Jangan lupa memakai masker dan mematuhi semua protokol keamanan dan kesehatan yang berlaku. 

Foto: dok. Orchid Forest


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler